Minggu, 27 Februari 2011

Dari Susu Tumpah

Dari Susu Tumpah
Dalam bahasa Yunani galaksi artinya Susu, Karena dulu orang Yunani heran di langit malam seperti ada air susu tumpah. Susu tumpah akibat ulah dewi Hera. Katanya, Dewi hera membuang susu di langit, karena tidak mau menyusui bayinya yaitu Hercules.
Pada abad ke-18 Pak William Herschel membuat teropong untuk menelitinya. Ternyata susu itu adalah kumpulan yang banyak. Sejak saat itu kumpulan bintang dijuluki Galaksi, galaksi yang mirip susu tumpah dinamai Galaksi milky way disebut Bima Sakti.
Pak Herschel juga menemukan galaksi lain di langit utara. Namanya galaksi Andromed. Sampai kini alam semesta punya 125 milyar galaksi. Karena itu para Astronom percaya bahwa alam semesta ini luas sekali.


Awan Kapten Magellan
Ketika berlayar di belahan Bumi selatan, Kapten Magellan dari Spanyol melihat awan putih kecil di langit. Awan ini tidak pernah pindah, ternyata awan putih itu adalah galaksi, untuk menghormatinya, awan putih itu diberi nama Galaksi Magellan.

Tamasya ke Galaksi?
Jarak galaksi Andromeda ke Milky Way ke Galaksi adalah 14.250 juta milyar kilometer, itu adalah jarak yang sangat jauh. Butuh waktu 280 milyar tahun jika ingin tamasya dari Galaksi Milky Way ke Galaksi Andromeda. Itu jarak ng mustahil ditempuh oleh manusia. Sampai jadi kakek nenek, manusia tidak akan sampai ke sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar