Minggu, 27 Februari 2011

Bintang

Bintang Bahagia, dan Bintang Kesepian

Ibu, Bayi, Kakek Bintang

Langit malam penuh titik cahaya, itulah bintang. BIntang bercahaya karena bintang adalah bola gas. Bola gas ini berasal dari Nebula atau awan gas di Galaksi. Nebula adalah ibu semua bintang, karena bintang itu ada yang bayi, remaja, dan kakek-kakek. Ketika kakek bintang yang gendut mati, dia meledak. Ledakanya membuat Nebula di Galaksi bergerak, menggumpal menjadi bola api. Bola api baru ini disebut bayi bintang, untuk menjaid kakek bintang butuh waktu yang lam sekitar 3-8 milyar tahun.

Bintang Kesepian

Cahaya bintang ada yang terang, redup dan sedang. Ternyata bintang yang terang hidupnya kesepian. karena mereka tidak punya planet, bulan, dan komet. Cahaya bintang terang terlalu panas, sehingga debu dan panas gas ini jika menggumpal, bisa jadi planet yang mengelilinginya. Sebaliknya bintang redup, terlalu dingin. Dia tidak kuat menarik debu dan gas jadi planet.



Keluarga Bintang

Lalu bintang mana yang bahagia? iyulah bintang yang becahaya sedang. Yaitu bintang Matahari, Pegasus, Virgo, Bebek DLL. Bintang-bintang ini punya keluarg, maksudnya, mereka dikelilingi planet, bulan dan komet. Keluarga bintang disebut tata bintang. Sampai sekarang da 215 tata bintang di Galaksi Bima Sakti. Tata bintang matahari punya 8 planet, 120 bulan, dan banyak komet. Astronom kesulitan melacak jumlah planet di setiap bintang, karena jarak bintang dari bumi jauh sekali. Perlu teleskop super besar untuk menelitinya. Namun, Artronom percaya, ada tata bintang lain yang mirip tata surya di Galaksi Bima Sakti.

Zona Habitasi

Sebagian besar tata bintang punya Zona habitasi. Artinya, di tata bintang ada planet yang punya air berwujud cair, berate ada mahluk hidup dong. Betul ini berita luar biasa. Kita mungkin punya teman di bintang kerlap-kerlip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar